Krupuk Mengandung Plastik?

Categories: Berita
Tags: No Tags
Comments: No Comments
Published on: 7 Februari 2013

Beberapa hari belakangan ramai dibicarakan di media sosial (Facebook, Twitter, dll), Blackberry Messenger, dan media online tentang krupuk matang yang mengandung plastik. Indikasinya, krupuk tersebut terbakar habis seperti plastik jika dibakar. Apakah benar?

Mari kita telaah lebih mendalam kenapa hal tersebut dapat terjadi. Krupuk dibuat dari bahan dasar tepung tapioka atau sari pati singkong yang mengandung karbohidrat. Secara kimiawi, karbohidrat mengandung unsur karbon, hidrogen dan oksigen dan jika diolah lebih lanjut dapat dijadikan bahan bakar biodiesel.

Minyak goreng (minyak kelapa sawit) yang dipakai untuk menggoreng krupuk juga bisa diolah lebih lanjut menjadi bahan bakar biodiesel. Jadi, tidak heran jika krupuk yang sudah digoreng bisa terbakar habis seperti plastik jika dibakar karena memang secara kimiawi bahan-bahan dasarnya sama dengan bahan dasar biodiesel.

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada krupuk atau keripik berbahan dasar karbohidrat jenis lain, misalnya krupuk beras, kedelai, kentang, bahkan tempe, roti, kue kering, biskuit dsb. Pembaca dapat melakukan eksperimen sendiri menjemur, menggoreng bahan-bahan tersebut dengan minyak goreng kualitas paling bagus (nomor 1) kemudian membakarnya. Apa yang terjadi? Silahkan dicoba sendiri! Update: Saya sudah mencobanya, silahkan lihat video di bawah ini.

Jadi, krupuk yang digoreng jika dibakar PASTI akan menyala TIDAK disebabkan oleh kandungan plastik tapi disebabkan oleh bahan dasar krupuk dan minyak goreng itu sendiri yang memang bersifat mudah dibakar.  Sebagai tambahan pula, kandungan air pada krupuk dapat dikatakan 0% akibat pengeringan dan penggorengan.

Update:
Berita bantahan BPOM terkait kerupuk mengandung plastik:
1. http://health.detik.com/read/2013/02/07/161329/2164056/763/bpom-kerupuk-seperti-uceng-kalau-dibakar-pasti-menyala?l992205755

2. http://health.liputan6.com/read/507453/bpom-tidak-ada-kerupuk-berbahan-dasar-plastik

3. http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt51148ea9d9c62/bpom-menyatakan-kerupuk-aman-dikonsumsi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
No Comments - Leave a comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Translate this!
    Translate from:

    Translate to:

Kontak Kami

Email: info[at]krupuksuper.com
Telp : 031-8968839
HP/ WhatsApp: +62 821 3182 5500


Welcome , today is Sabtu, 20 April 2019